• Nur Syafiqah Abdullah

Jokowi adakan pertemuan dengan Presiden Ukraine dan Russia usahakan perdamaian


1 Julai 2022

Oleh Nur Syafiqah Abdullah


INDONESIA: Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraine, Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam usaha untuk membawa misi perdamaian.


Jokowi mengadakan pertemuan dengan Volodymyr di Kyive dan selepas itu pada Khamis mengadakan pertemuan dengan Putin di Istana Kremlin.


“Saya telah menyampaikan pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin dan menyatakan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara dua pemimpin tersebut.


“Saya menghargai Presiden Putin yang menyampaikan jaminan keamanan bagi pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina maupun Rusia.


“Indonesia tidak memiliki kepentingan apapun kecuali ingin melihat perang dapat segera selesai dan rantai pasok pangan, pupuk dan energi segera diperbaiki,” katanya dalam Twitternya.


Jokowi berkata: “Konstitusi Indonesia mengamanatkan untuk berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia. Dalam konteks inilah, saya berkunjung ke Kyiv dan Moskow”.

 

“Situasi saat ini masih sangat sulit, namun penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan dan ruang dialog terus dibuka,” katanya.